Rabu, 25 Agustus 2021

Inilah Alasan Pentingnya Memiliki Asuransi Untuk Kecelakaan

Kecelakaan adalah risiko yang tidak dapat diketahui kapan datangnya dan dapat terjadi pada siapa saja. Meskipun tidak dapat menghindarinya, risiko finansial dari kondisi tersebut dapat diminimalisir dengan mengikuti asuransi kecelakaan. Sekarang sudah banyak perusahaan asuransi seperti FWD Insurance Indonesia yang menawarkan produk asuransi kecelakaan. Jika kamu masih bingung kenapa perlu asuransi ini? Simak info berikut!

 


Pengertian Asuransi Kecelakaan

 

Asuransi untuk kecelakaan adalah produk asuransi yang memberikan proteksi finansial atas musibah kecelakaan. Pihak asuransi akan menanggung biaya dan memberikan santunan jika pemegang polis meninggal karena kecelakaan.

 

Sama seperti produk asuransi lainnya, Anda wajib membayar premi ketika membeli asuransi tersebut. Nantinya jumlah premi akan ditentukan berdasarkan kesepakatan atau jenis program asuransi yang dipilih. Jumlah premi tersebut juga disesuaikan dengan jangka waktu, jenis perlindungan, dan jumlah pertanggungan yang akan diberikan. 

 

Mengapa Anda Perlu Asuransi Kecelakaan Ini?

 

Asuransi untuk kecelakaan akan sangat membantu ketika terjadi kecelakaan sebagai perlindungan untuk Anda dan keluarga. Apalagi biaya pengobatan saat ini juga cukup mahal. Dengan kondisi keluarga yang sudah susah karena kecelakaan, Anda tentu tidak ingin menambah beban keluarga karena harus memikirkan finansial untuk biaya pengobatan. Di sinilah peran asuransi dalam mengurangi beban keluarga Anda.

 

Manfaat Asuransi Kecelakaan

 

Ada beberapa manfaat yang akan diperoleh ketika seseorang memiliki asuransi untuk kecelakaan yaitu:

 

  • Memberikan rasa aman bagi pemegang polis dan keluarga dari segi finansial
  • Meringankan biaya pengobatan atau perawatan dan rumah sakit
  • Memberikan perlindungan untuk keluarga jika terjadi risiko pada pemegang polis atau tertanggung.

 

Jenis  Asuransi Kecelakaan

 

Asuransi untuk kecelakaan dikelompokkan dalam beberapa jenis dengan perlindungan dan ketentuan yang berbeda-beda yaitu sebagai berikut

 

  • Asuransi Untuk Kecelakaan Diri

Ini adalah jenis asuransi kecelakaan yang paling populer. Asuransi ini akan melindungi finansial pemegang polis dari hal-hal yang berisiko menyebabkan kematian, cacat sementara, cacat permanen, pembayaran biaya rumah sakit, dan biaya pengobatan. 

 

Ada syarat atau kriteria yang wajib dipenuhi untuk melakukan klaim asuransi tersebut. Kriteria tersebut biasanya meliputi sumber kecelakaan, akibat yang ditimbulkan dari kecelakaan, dan hubungan sebab-akibat dari kecelakaan tersebut

 

  • Asuransi Untuk Kecelakaan Kerja

Asuransi yang satu ini sangat penting bagi siapa saja yang memiliki pekerjaan dengan risiko tinggi misalnya bekerja di area berbahaya, berurusan dengan bahan-bahan berbahaya, dan lain sebagainya.

 

Pada dasarnya setiap pekerjaan memiliki risiko masing-masing mulai dari ringan hingga berat. Untuk itu, asuransi tersebut dapat menjadi salah satu perlindungan jika terjadi kecelakaan kerja. Dalam asuransi tersebut, pihak asuransi akan memberikan santunan ketika terjadi risiko sesuai dengan ketentuan seperti menyebabkan cacat seumur hidup atau meninggal dunia.

 

  • Asuransi Untuk Kecelakaan Pesawat

Transportasi udara saat ini menjadi pilihan yang sangat umum untuk sarana bepergian ke luar kota maupun luar negeri karena lebih praktis dan cepat. Meskipun tergolong aman, namun kemungkinan terjadi kecelakaan masih tetap ada.

 

Kecelakaan pesawat dapat disebabkan karena faktor eksternal maupun internal.

 

Beberapa faktor internal yang menyebabkan kecelakaan antara lain adalah karena kelalaian dari maskapai dan kerusakan pada pesawat. Sementara itu faktor eksternal disebabkan oleh cuaca yang kurang mendukung. Asuransi akan memberikan santunan jika ada anggota keluarga yang menjadi korban kecelakaan pesawat.

 

Asuransi ini umumnya ditawarkan bersamaan dengan saat Anda membeli tiket pesawat.

 

Demikian pengertian, manfaat, dan jenis asuransi kecelakaan. Dengan memiliki asuransi tersebut, Anda tentu akan merasa lebih nyaman dan aman dalam beraktivitas karena sudah ada yang menanggung risiko jika terjadi kecelakaan.

 

0 komentar:

Posting Komentar