Selasa, 23 November 2021

Kenapa Oli Mesin Kendaraanmu Harus Diganti? Ini Dia Alasannya!

Sebagai pemilik kendaraan bermotor, wajib hukumnya untuk menjaga serta merawat kendaraan kita. Selain merawat dengan membersihkan kendaraan dari luar, merawat kendaraan dari dalam dengan menjaga performa mesinnya juga wajib kita lakukan agar kendaraan dapat dengan nyaman dan aman ketika digunakan. Bagi pengguna kendaraan bermotor baik itu mobil ataupun motor, pergantian oli mesin kendaraan merupakan hal yang penting dilakukan. Ganti oli mesin secara rutin dilakukan agar mesin kendaraan menjadi terawat, serta dapat menghindari mesin kendaraan cepat rusak yang dapat mengakibatkan mogok. Untuk itu cari tau dulu yuk kenapa sih oli mesin kendaraanmu harus diganti secara berkala? Simak ulasan berikut ini

 


1.                   Mengurangi Gesekan Panas

Fungsi utama oli sebagai pelumas, yakni melumasi setiap komponen yang ada di dalam mesin sehingga tidak terjadi gesekan. Jika mesin kendaraan tidak mendapat pelumas yang cukup sebagai pelicin, maka akan mengakibatkan mesin cepat aus. Jika hal ini terjadi maka performa mobil akan menurun dan jika dibiarkan terlalu lama maka bisa berpotensi mogok.

2.                   Mendinginkan Mesin

Tahukah anda bahwa gesekan yang terjadi antara komponen-komponen mesin, serta pembakaran pada mesin menghasilkan suhu panas yang tinggi. Fungsi oli selanjutnya ialah sebagai anti panas yang dapat mendinginkan mesin. Oli menyerap suhu panas pada piston dan dinding silinder. Dengan mengganti oli secara berkala, berarti anda dapat terhindar dari overheat pada mesin mobil.

3.                   Mencegah Karat Pada Mesin

Fungsi oli selanjutnya ialah sebagai pembersih kotoran-kotoran yang ada pada mesin. Oli mesin juga bermanfaat sebagai anti karat, dimana komponen mesin pada kendaraan biasanya terbuat dari logam, maka dari situ disini fungsi oli untuk menjaga keawetan mesin kendaraanmu.

4.                   Efisiensi BBM

Salah satu fakta yang menarik, ketika anda menggunakan oli mesin yang masih baru, maka lebih sedikit bahan bakar minyak (BBM) yang diperlukan untuk menghasilkan tenaga dalam menjalankan kendaraanmu. Dalam hal ini berarti mengganti oli secara berkala dan menjaga keadaannya agar selalu baik, bisa mengoptimalkan efisiensi konsumsi bahan bakar. Dengan begitu anda dapat menghemat bahan bakar juga karena gesekan yang dihasilkan tidak begitu besar menghasilkan panas.

5.                   Mengurangi Dampak Negatif Lingkungan

Oli yang sudah terkontaminasi mengeluarkan emisi lebih banyak daripada oli yang bersih. Minyak kotor lebih mudah terbakar dan sedikit menyerap partikel. Maka dari itu kendaraan yang jarang mengganti oli menghasilkan emisi yang lebih parah dan berdampak negatif pada polusi lingkungan.

6.                   Suara Mesin Halus dan Performa Optimal

Pergantian oli secara berkala juga menentukan kehalusan suara mesin kendaraan anda. Jika anda mengabaikan oli yang kotor dan sudah waktunya ganti, maka jangan terkejut jika suara mesin kendaraan anda berubah menjadi kasar. Selalu pantau spidometer atau odometer pada kendaran anda, untuk menentukan apakah oli pada kendaraan anda perlu diganti atau tidak, sesuaikan juga dengan jarak tempuh yang sudah dilalui ya.

     Nah setelah mengetahui ulasan di atas tidak ada lagi alasan untuk tidak mengganti oli pada kendaraan anda lagi deh. Mengganti oli secara berkala dapat menjaga keawetan mesin, serta menghindari kerusakan kendaraan yang parah. Pakai oli dari IDEMITSU yang berkualitas baik dapat menjaga performa mesin kendaraan anda. Tidak perlu ke bengkel, sekarang anda dapat ganti oli mesin sendiri di rumah, simak caranya di sini ya https://ilti.idemitsu.com/id/cara-mudah-ganti-oli-motor-dan-mobil-yuk-coba-sendiri-di-rumah.


0 komentar:

Posting Komentar