Jumat, 07 Januari 2022

,

Pahami Cara Merawat Truk Agar Tetap Prima

Truk menjadi salah satu pilihan para pebisnis sebagai armada dalam menjalankan roda bisnis mereka. Untuk itu, ketika ada masalah pada truk, maka kerugian yang diderita pebisnis tak hanya soal biaya saja, tapi juga rugi waktu karena barang yang perlu dikirim menjadi terhambat. Agar hal ini tidak terjadi, maka truk—entah itu truk bekas atau truk baru yang dibeli melalui jasa leasing truk, perlu dirawat secara rutin agar tetap prima.


Untuk mengetahui cara merawat truk, simak penjelasan di bawah ini:

1.       Rutin mengganti oli. Mengganti oli secara rutin merupakan kewajiban para pemilik kendaraan. Hal ini dimaksudkan agar mesin truk tetap terjaga kondisinya. Anda disarankan mengganti oli armada truk setiap 5000 km beserta filter oli di dalamnya.

2.       Bersihkan filter udara. Filter udara berfungsi untuk memberikan asupan udara pada mesin truk. Apabila filter tersebut kosong, maka akan mengganggu kinerja mesin. Untuk itu, filter udara perlu dibersihkan secara berkala supaya mesin truk tetap awet.

3.       Panaskan truk terlebih dahulu sebelum dipakai. Sebelum dioperasikan, mesin truk perlu dipanaskan terlebih dahulu. Fungsinya adalah untuk melumasi mesin secara menyeluruh hingga ke semua bagian mesin. Sebaiknya, mesin dipanaskan kurang lebih 10 hingga 20 menit sebelum truk dijalankan.

4.       Jangan biarkan tangki kosong. Jika tangki solar dibiarkan kosong, akan memicu permasalahan pada Injection Pump. Selain itu, dapat mengakibatkan pengembunan yang dapat merusak komponen filter solar. Oleh sebab itu, isi tangki apabila sudah tersisa 1/3 dari kapasitasnya.

5.       Perhatikan tekanan ban. Hal ini perlu dilakukan sebelum truk digunakan untuk menghindari permasalahan pada ban saat di perjalanan. Periksa keseluruhan ban dan tekanan angin. Jika terdapat bekas kerusakan seperti tertusuk benda, segera lakukan perbaikan karena ditakutkan akan terjadi pecah ban saat dioperasikan.

6.       Bersihkan box kendaraan. Bukan hanya komponen mesin saja yang perlu dirawat, bagian body truk pun perlu dijaga. Salah satunya yaitu box kendaraan. Kebersihan box kendaraan perlu diperhatikan supaya kualitas barang yang dikirim tetap terjaga. Bersihkan hingga ke sudut-sudut box sampai noda, kuman, dan bakteri hilang sebelum truk digunakan.

7.       Muatan sesuai dengan kapasitas truk. Truk mempunyai berbagai macam jenis yang disesuaikan dengan muatan yang dibawanya. Jika muatan berlebihan, mesin akan bekerja lebih yang akibatnya mesin akan cepat rusak.

8.       Sesuaikan dengan medan jalan. Apabila pemakaian truk tidak sesuai dengan medan jalan seperti mengendarainya dengan kasar, kaki-kaki truk menjadi tidak kuat. Ban dan velg truk juga akan cepat rusak. Oleh sebab itu, pengendara truk harus pelan-pelan dan memperhatikan lubang jika melewati medan off road.

Itulah cara merawat truk mulai dari mesin hingga badan truk. Rawat armada truk dengan baik sehingga bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar